Jumat, 18 Juni 2010

RAHASIA DI BALIK NAMA

Catatan: Tulisan ini sebagai semacam "rasa syukur" atas terbit dan beredarnya buku "Kamus Nama Indah Islami" karya Bani Shahida dan Khrisna Pabichara. Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Zaman, Juni 2010. 



Rahasia di Balik Nama

Sebuah riwayat mengabarkan, suatu ketika Rasulullah Saw. membutuhkan seseorang untuk membantunya memerah susu. Ada empat orang yang siap membantu beliau. Saat itu Rasulullah tidak memberikan tugas memerah susu itu kepada tiga sukarelawan pertama. Bukan karena mereka dipandang tidak cakap, melainkan semata-mata karena nama mereka tidak memancarkan aura kegembiraan. Nama dua orang dari mereka adalahMurrah (pahit), sementara yang ketiga bernama Jamrah (batubara membara). Alkisah, ketika orang keempat menyebut namanya, yaitu Ya’ish (panjang umur), Rasulullah pun tersenyum dan berkata kepadanya, “Perahlah unta itu.”

Begitulah, nama itu penting. Jika saja William Shakespeare bertanya kepada kami tentang arti sebuah nama, maka jawaban kami singkat dan sederhana, “Banyak.” Ya, nama itu sangat berarti. Nama bisa mempengaruhi rasa “percaya diri”. Ketika Anda punya nama yang indah, bagus, dan bermakna, Anda akan merasa percaya diri setiap menjulurkan tangan untuk berkenalan dengan orang lain. Coba bayangkan, apakah perasaan Anda akan sama jika nama Anda tidak indah dan kurang bermakna?

Selain itu, bagi kebanyakan umat Islam, nama adalah doa. Artinya, nama adalah harapan besar agar pemilik nama memiliki karakter, nasib, atau rezeki yang sama seperti nama yang disandangnya. Jika seorang bayi laki-laki dinamai Ghulam Rausan Fikri, maka yang terbayang di benak orangtuanya tentunya adalah harapan agar sang putra nantinya menjadi anak yang memiliki kecerdasan sempurna. Ketika seorang bayi perempuan diberi nama Fadilah Husna Salsabila, orangtua yang memberinya nama berharap, kelak putrinya bakal menjadi orang yang selalu memberikan manfaat kebajikan bagi orang lain, laksana mata air. Begitulah, nama adalah doa. Konon pula, nama memengaruhi wibawa, kemuliaan, atau kebahagiaan. 

Pendek kata, nama itu bertuah. Maka, jangan heran jika banyak orangtua sibuk kasak-kusuk mencari nama yang cocok, menjelang kelahiran putra-putrinya. Ada yang keranjingan membuka kamus, bertanya kanan-kiri kepada tokoh sepuh yang disegani, pakar bahasa, atau orang yang dianggapnya mumpuni. Ada pula yang sibuk membuka primbon dan menghitung angka-angka peruntungan. Bahkan, ada yang sengaja membeli buku-buku yang memuat nama-nama yang indah dan bermakna. 

Nah, buku ini menawarkan banyak kelebihan kepada Anda. Tidak hanya serentetan nama-nama indah yang islami, tetapi juga bagaimana proses akikah, doa-doa mustajab, bahkan bagaimana mempersiapkan putra-putri Anda sebagai anak yang cerdas dan penuh berkah, sekaligus bertakwa dan berbakti. 

Senang rasanya bisa saling berbagi.

Khrisna Pabichara & Bani Shahida
Penyusun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar