Jumat, 13 Agustus 2010

[Review] Buku Kamus Nama Indah Islami

Catatan: Tulisan ini saya temukan setelah berjalan-jalan di dunia maya, tepatnya di http://luckty.wordpress.com/2010/07/07/review-kamus-nama-indah-islami/. Saya membacanya, merasa terharu, dan sangat bahagia karena buku yang saya tulisa bareng dengan sahabat, Bani Shahida, dibaca dan diapresiasi oleh Bung Lukcty Si Pustakawan. Terima kasih dan takzim selalu.


[Review] Buku Kamus Nama Indah Islami
Oleh Luckty Si Pustakawan 

Pernahkah terlintas dalam pikiran kita dan bertanya pada diri sendiri, apakah arti nama kita? Err…saya pun pernah berpikir begitu. Di dalam nama islami tidak ada, di kamus bahasa Inggris pun tidak ada. Makanya saya pernah bertanya langsung pada mama. Jika ada pepatah bilang, apalah artinya sebuah nama. Oh, ternyata nama jangan dianggap remeh.

Nama itu doa. Sebuah harapan agar sang pemilik nama memiliki sifat, nasib, atau rezeki yang sama seperti nama yang disandangnya. Diyakini banyak orang, nama juga mempengaruhi wibawa, kemuliaan, dan kebahagiaan seseorang.

Nama-nama islami ini selain mencakup dari Arab, Persia, Turki dan Iran ternyata mencakup juga nama Asmaul Husna, Malaikat Allah, Nabi dan Rasul, putra-putri Rasulullah Saw, dan istri-istri nabi disertai arti dan penjelasannya.

Salah satu hak anak adalah mendapatkan nama yang baik dan bermakna dari orangtuanya. Maka, ketika memilih sebuah nama, orangtua harus menyadari dan meyakini bahwa nama yang dipilihnya itu akan membawa berkah bagi kehidupan anaknya kelak di kemudian hari.

Rasulullah bersabda, “Dari rahim siapa saja seorang bayi dilahirkan, ia harus diberi nama yang baik dan pendidikan yang memadai. Dan ketika dia sudah mencapai umur yang matang, ia mesti menikah.”

Guru agama sewaktu saya SMP pernah bercerita bahwa ada seorang kakak kelas bernama Musyrika. Mungkin orangtuanya mengira, nama Arab itu bagus. Padahal tidak semua nama Arab itu baik. Akhirnya digantilah namanya menjadi Musliha.

Selain memuat daftar nama indah pilihan, buku ini juga diperkaya dengan ulasan tentang rahasia dibalik nama, cara mudah merangkai nama penuh makna, akikah, fikih kelahiran bayi, bahkan bagaimana mendongkrak kecerdasan anak. Inilah buku tentang nama indah islami terlengkap dan terpopuler.

Buku ini saya persembahkan khusus buat sahabat saya yang baru saja melahirkan putra tercinta, yaitu pasangan Ima Khotimatunnisa dan Acep Muslim. Nama mereka sungguh islami, semoga anak mereka kelak menjadi anak yang soleh dan berbakti bagi agam, nusa dan bangsa. Amin.

Judul : Kamus Nama Indah Islami
Penulis : Bani Syahida & Khrisna Pabichara
Pewajah Isi : Nur Aly
Desain Sampul : Teguh B. Putro
Penerbit : Zaman
Terbit : Mei 2010
Tebal : 217 hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar